Minggu, 06 Mei 2012

fiqh-wudhu


"WUDHU"
Pengertian Wudhu, Wudhu menurut bahasa berarti bersih atau indah. Sedangkan menurut Syara’ adalah membersihkan anggota wudhu’ dengan air yang suci menyucikan berdasarkan syarat-syarat dan rukun-rukun tertentu. Perintah wudhu’ bersamaan dengan perintah shalat fardhu, yaitu satu tahun setengah sebelum tahun Hijrah. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Maidah : 6, yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku-siku dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki”. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim , Abu daud dan At-turmudzi dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : “Allah tidak menerima shalat salah seseorang diantara kamu, jika ia berhadats, sampai ia berwudhu’ lebih dahulu”.
Hakikat wudhu Dari  Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, bahwasannya Rasulullah shallallaahu 'alaihi  wa sallam bersabda: " Apabila seorang hamba muslim atau mukmin wudhu, lalu ia membasuh mukanya, maka keluar dari wajahnya semua dosa yang terlihat oleh pandangan matanya bersama tetesan air, atau bersama tetesan air yang terakhir. Apabila ia membasuh kedua tangannya, maka keluar dari kedua tangannya semua dosa yang dikerjakan oleh kedua tangannya bersama tetesan air, atau bersama tetesan air yang terakhir hingga keluar bersih dari dosa-dosa. Dan apabila dia membasuh kedua kakinya maka keluarlah semua dosa yang dikerjakan oleh kedua kakinya bersama siraman air atau bersama tetesan terakhir hingga keluar bersih dari dosa-dosa " (Hadits Riwayat Imam Muslim).
Cara Berwudhu :
a. membaca bismillah
b. membasuh tangan
c. niat wudhu
d. berkumur dan membesihkan gigi (3x)
e. membasuh seluruh muka/wajah sampai rata (sela-sela janggut bila ada) (3x)
f. membasuh tangan hingga siku merata (3x yang kanan dulu)
g. membasuh rambut bagian depan hingga rata (3x)
h. membasuh daun telinga/kuping hinnga merata (3x sebelah kanan dulu)
i. membasuh kaki hingga mata kaki sampai rata (3x kanan dahulu)
j. membaca doa setelah wudhu
Niat Wudhu : “nawaitul wudhuu-a lirof'il hadatsil asghori fardhol lillahi ta'aalaa” artinya: Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata.
Bacaan selesai wudhu : “Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna mUhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.” Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukanNya. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli bertobat, jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh.
Nilai wudhu Bagi bagian tubuh yang menjadi anggota wudhu merupakan paling sering dipergunakan manusia dan paling rentan membawa bibit penyakit, seperti bagian Mulut,telinga, dan tangan, dari beberapa manfaat wudhu salah satunya ialah wudhu berfungsi membersihkan anggota-anggota tubuh tersebut dari sisa kotoran,najis dan segala hal lain yang melekatinya. Dengan demikian bagian-bagian tubuh itu tidak diserang penyakit yang membahayakan tubuh dan tidak menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar